Manfaat Bermain Video Game

Kamis, 29 Oktober 2020 Oktober 29, 2020 , In

Video game dapat membantu anak-anak mengembangkan banyak keterampilan yang baik selama mereka memainkan game tersebut dalam jumlah sedang. Orang tua lebih fokus pada bahaya game ini. Yang perlu mereka lakukan hanyalah mempertimbangkan kemungkinan keuntungan dari memainkannya di smartphone, komputer gaming, dan platform lainnya. Faktanya, video game dapat memungkinkan anak-anak mengembangkan keterampilan tertentu yang benar-benar dapat membantu mereka dalam kehidupan mereka. Diberikan di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat dinikmati anak-anak jika mereka memainkan permainan dalam jumlah sedang.

Keterampilan Pemecahan Masalah. Dalam perkembangan otak anak, video game memainkan peran besar. Misalnya, game Legend of Zelda mengharuskan pemainnya merencanakan, bernegosiasi, mencari, dan menggunakan berbagai pendekatan untuk maju ke level berikutnya. Selain itu, banyak game terbaru seperti Defenders of the Core dan Bakugan memicu keterampilan pemecahan masalah.

Minat Budaya dan Sejarah. Beberapa video game mendorong anak-anak untuk meneliti dan membaca. Misalnya Age of Empires, Civilization, dan Age of Mythology dapat mendorong seorang anak untuk tertarik pada budaya kuno, hubungan internasional, geografi, dan sejarah dunia. Seringkali, permainan ini memungkinkan anak-anak merancang atau menukar peta dan jenis konten yang berbeda. Hasilnya, mereka memperoleh berbagai keterampilan teknis dan kreatif. Pada saat yang sama, mereka bersenang-senang.

Membuat teman baru. Tidak seperti orang tua, anak-anak menganggap video game sebagai jenis aktivitas sosial. Bahkan, kegiatan tersebut memungkinkan anak-anak mendapatkan teman baru untuk diajak bergaul. Menurut studi penelitian, anak laki-laki cenderung bermain dengan teman online mereka dalam jumlah besar.

Dorong Berolahraga. Dalam sebuah studi penelitian, anak laki-laki mempelajari gerakan-gerakan baru dari video game, khususnya dalam kategori olahraga. Keindahannya adalah mereka bisa berlatih gerakan-gerakan di atas skateboard atau di lapangan basket. Selain itu, beberapa pemain mengadopsi olahraga baru saat mereka memainkan permainan video baru.

Rasa Persaingan. Bagi anak laki-laki, persaingan adalah hal yang hebat, terutama saat mereka bersenang-senang di waktu yang sama. Jadi, game komputer atau smartphone adalah cara yang bagus untuk memicu rasa persaingan pada anak-anak. Hebatnya adalah bahwa game-game ini adalah cara yang lebih aman untuk mengekspresikan dorongan kompetitif mereka.

Peluang untuk Memimpin. Saat bermain dalam kelompok, anak bergiliran sesuai dengan tingkat keahliannya. Menurut beberapa ahli, anak yang bermain game online dalam kelompok cenderung memperoleh keterampilan kepemimpinan seperti memotivasi dan membujuk orang lain. Faktanya, permainan multipemain memberi anak laki-laki kesempatan untuk mengambil bagian dalam urusan tim usia campuran.

Kesempatan untuk Mengajar. Anak-anak saling membantu memainkan permainan baru. Hasilnya, mereka mengembangkan keterampilan penting lainnya: mengajar. Mengajar adalah seni dan tidak semua orang adalah guru yang baik. Manfaat lain dari permainan ini adalah membantu anak-anak mengembangkan keterampilan komunikasi dan sosial.

Itulah uraian singkat mengenai manfaat video game untuk anak. Jika anak Anda tertarik, pastikan Anda membelikannya game tersebut. Ini akan sangat menguntungkannya.